Faktor Penyebab Mata Bintitan dan Cara untuk Mencegahnya

Faktor Penyebab Mata Bintitan dan Cara untuk Mencegahnya

Menurut mitos yang beredar di masyarakat, bintitan pada mata disebabkan karena kebiasaan mengintip orang lain. Tentu saja hal ini sama sekali tak bisa dibenarkan dalam dunia medis. Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa bintitan terjadi karena iritasi oleh bakteri. Agar tak termakan mitos lagi, simak penjelasan mengenai penyebab mata bintitan, serta pencegahannya berikut ini.

Faktor yang Memicu Munculnya Bintitan di Mata

Bintitan muncul karena bakteri yang berada di permukaan kulit masuk ke dalam kelenjar minyak pada kelopak mata, lalu membuatnya jadi tersumbat. Bakteri tersebut kemudian membuat kelopak mata pun mengalami iritasi. Bagian mata yang mengalami iritasi akan jadi bengkak, berwarna kemerahan, serta terasa sakit. Bintitan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Setiap orang bisa mengalami bintitan, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan orang lebih berisiko terpapar oleh penyakit ini. Pertama, orang yang pernah mengalami bintitan sebelumnya, akan cenderung mengalaminya kembali. Kedua, orang yang punya masalah pada kulit seperti dermatitis atau rosacea. Ketiga, orang yang malas untuk membersihkan make up pada wajahnya.

Cara Mencegah Munculnya Bintitan

Walau terbilang penyakit ringan, namun bintitan tetap bisa membuat Anda merasa tak nyaman. Pandangan jadi terganggu serta Anda bakal merasakan perih karena adanya benjolan kecil yang muncul di kelopak mata tersebut. Pencegahan tentu diperlukan, sebelum Anda terlanjur dihinggapi oleh bintitan. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini, untuk mencegah munculnya bintitan.

  1. Cuci Bersih Tangan Sebelum Menyentuh Mata dan Area Sekitarnya

Seperti yang Anda tahu, penyebab mata bintitan adalah karena infeksi bakteri yang membuat kelenjar minyak di kelopak mata jadi tersumbat. Bakteri yang menginfeksi ini, bisa berasal dari tangan Anda yang dalam keadaan kotor, lalu diusapkan ada area mata. Nah, sebaiknya Anda cuci bersih dulu tangan sesuai ketentuannya, untuk menghindari pindahnya bakteri dari tangan ke mata.

  1. Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Make Up

Penggunaan make up tentu tak bisa dipisahkan dengan aktivitas sehari-hari, khususnya bagi para perempuan. Boleh sih menggunakan make up, namun Anda harus rutin membersihkannya setelah ditutupi oleh beragam jenis kosmetik seharian penuh. Sisa make up pada wajah berpotensi besar menjadi sarang atau sumber bakteri, yang kemudian menginfeksi kelenjar minyak di kelopak mata.

  1. Hindari Berbagi Handuk dengan Penderita Bintitan

Bintitan tergolong penyakit yang tak menular langsung, sama halnya seperti jerawat. Namun, Anda perlu tetap waspada jika menggunakan barang pribadi, misalnya seperti handuk, dengan penderitanya. Jika handuk telah terpapar cairan atau nanah bintitan yang mengandung banyak bakteri, maka potensinya untuk menginfeksi mata Anda pun sangat besar.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai faktor penyebab mata bintitan, serta cara pencegahannya agar Anda tak sampai mengalaminya. Menjaga kebersihan kulit, terutama di sekitar area mata, merupakan salah satu hal yang wajib yang Anda lakukan, agar tak terserang bintitan. Anda tentu tak mau merasa tak nyaman menjalankan kegiatan, karena adanya benjolan yang perih di kelopak mata.

shares